Untuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal
yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang
diperlukan adalah kekreatifan.Misalnya apa yang ada di alam bisa
dijadikan media pembelajaran matematika sebagai contoh lidi dari daun
kelapa.Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa lidi kelapa tidak ada
kaitannya dengan matematika,tapi dalam kasus ini lidi kelapa kalau
dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pembelajaran matematika maka ia akan
sangat membantu proses pembelajaran,misalnya lidi kelapa tersebut dapat
dijadikan alat hitung dalam mengerjakan soal-soal matematika.Ini
terbukti,sejak dulu anak-anak di desa yang kurang mampu menggunakan lidi
kelapa sebagai alat hitung pengganti sampoa.
B.Fungsi Lidi Sebagi Media Belajar
Fungsi media lidi disini adalah untuk mempermudah anak-anak SD dalam berhitung,baik perkalian,pembagian,penjumlahan,dan pengurangan,selain itu media lidi dapat juga dibentuk berbagai bentuk bangun datar seperti,persegi,segitiga,dan lain-lain.
C.Manfaat Lidi Sebagai Media Belajar
Dengan menggunakan media lidi siswa dapat belajar sambil bermain, proses belajar mengajar menjadi menarik, siswa menjadi tidak bosan terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru dan siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar,sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.
D.Contoh dan Cara Penggunaan Lidi Sebagai Media Pembelajaran
Cara penggunaan media lidi untuk menghitung perkalian 4 x 5 di atas yaitu :
1) Siswa harus menyiapkan lidi yang telah dipotong dengan ukuran kira-kira 10 cm
2) Ambilah potongan lidi tersebut sebanyak lima batang,lalu jadikan satu kelompok
3) Selanjutnya lakukan pengambilan potongan lidi seperti diatas sebanyak 4 kali
4) Untuk mendapatkan hasil perkalian tersebut siswa hanya perlu menjumlahkan semua batangan lidi tersebut.
1) Siapkan lidi yang dipotong sebanyak 4 batang,dengan ukuran yang sama.
2) Susunlah lidi tersebut hingga menyerupai bangun persegi.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar dibawah ini.
Jadi dapat disimpukan, media pembelajaran matematika tidak harus benda yang mahal dan modern,benda yang tidak berguna sekalipun bisa dijadikan media pembelajaran matematika,seperti lidi yang merupakan media belajar yang tradisional.
B.Fungsi Lidi Sebagi Media Belajar
Fungsi media lidi disini adalah untuk mempermudah anak-anak SD dalam berhitung,baik perkalian,pembagian,penjumlahan,dan pengurangan,selain itu media lidi dapat juga dibentuk berbagai bentuk bangun datar seperti,persegi,segitiga,dan lain-lain.
C.Manfaat Lidi Sebagai Media Belajar
Dengan menggunakan media lidi siswa dapat belajar sambil bermain, proses belajar mengajar menjadi menarik, siswa menjadi tidak bosan terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru dan siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar,sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.
D.Contoh dan Cara Penggunaan Lidi Sebagai Media Pembelajaran
- Penggunaan lidi dalam menjelaskan dan memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Cara penggunaan media lidi untuk menghitung perkalian 4 x 5 di atas yaitu :
1) Siswa harus menyiapkan lidi yang telah dipotong dengan ukuran kira-kira 10 cm
2) Ambilah potongan lidi tersebut sebanyak lima batang,lalu jadikan satu kelompok
3) Selanjutnya lakukan pengambilan potongan lidi seperti diatas sebanyak 4 kali
4) Untuk mendapatkan hasil perkalian tersebut siswa hanya perlu menjumlahkan semua batangan lidi tersebut.
- Penggunaan lidi dalam memahami materi tentang mengenal bentuk-bentuk bangun datar.
1) Siapkan lidi yang dipotong sebanyak 4 batang,dengan ukuran yang sama.
2) Susunlah lidi tersebut hingga menyerupai bangun persegi.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar dibawah ini.
Jadi dapat disimpukan, media pembelajaran matematika tidak harus benda yang mahal dan modern,benda yang tidak berguna sekalipun bisa dijadikan media pembelajaran matematika,seperti lidi yang merupakan media belajar yang tradisional.


No comments:
Post a Comment